Skip to main content

8 Pernyataan Stephen Hawking Yang Mengejutkan Dunia

8 Pernyataan Stephen Hawking Yang Mengejutkan Dunia

8 Pernyataan Stephen Hawking Yang Mengejutkan Dunia
 Stephen Hawking- @U-report

Stephen William Hawking, CH, CBE, FRS (lahir di Oxford, Britania Raya, 8 Januari 1942; umur 76 tahun, adalah seorang ahli fisika teoretis. Ia adalah seorang profesor Lucasian dalam bidang matematika di Universitas Cambridge dan anggota dari Gonville and Caius College, Cambridge. Ia dikenal akan sumbangannya di bidang fisika kuantum, terutama karena teori-teorinya mengenai teori kosmologi, gravitasi kuantum, lubang hitam, dan radiasi Hawking. Salah satu tulisannya adalah A Brief History of Time, yang tercantum dalam daftar bestseller di Sunday Times London selama 237 minggu berturut-turut.Pada tahun 2010 Hawking bersama Leonard Mladinow menyusun buku The Grand Design.

Meskipun mengalami tetraplegia (kelumpuhan) karena sklerosis lateral amiotrofik, karier ilmiahnya terus berlanjut selama lebih dari empat puluh tahun. Buku-buku dan penampilan publiknya menjadikan ia sebagai seorang selebritis akademik dan teoretikus fisika yang termasyhur di dunia.

Berikut 8 Pernyataan Stephen Hawking Yang Mengejutkan Dunia 

1. Mengenai Kehidupan Alien

Sebelum menyebut manusia harus mencari tempat tinggal baru di luar Bumi, Hawking pernah mengatakan manusia juga harus waspada dalam mencari koneksi dengan peradaban alien. Dan menurutnya, jika para alien mendatangi Bumi, mereka akan seperti Columbus yang mendarat ke benua Amerika.

Sejarah mencatat setelah Columbus menemukan benua Amerika, pasukan Columbus yang merupakan orang-orang dari Eropa membantai para penduduk asli di sana dan membentuk peradaban baru seperti yang kita lihat saat ini.

Pernyataan lengkap Hawking pada 2010 lalu berbunyi,  "Jika alien mengunjungi kita, hasilnya akan sama seperti ketika Columbus mendarat di Amerika, yang mana tidak berdampak baik bagi penduduk asli Amerika. Kita hanya perlu melihat pada diri kita sendiri untuk menyaksikan bagaimana kehidupan yang cerdas dapat berkembang menjadi sesuatu yang tidak ingin kita temui.”

2. Mengenai Virus Komputer

Pada 1994 lalu Hawking mengomentari keberadaan virus komputer. Ia menyebut virus komputer perlu dihitung sebagai kehidupan. Dengan nada menyindir, ia menyebut ‘makhluk’ ciptaan manusia itu menggambarkan citra kehidupan kaum penciptanya sendiri yang bersifat merusak. 

Secara lengkap Hawking mengatakan, "Saya pikir virus komputer harus dihitung sebagai kehidupan. Saya pikir (virus komputer) itu mengatakan sesuatu tentang sifat manusia bahwa satu-satunya bentuk kehidupan yang telah kita ciptakan sejauh ini murni bersifat merusak. Kita telah menciptakan kehidupan dengan citra kita sendiri.”

3. Mengenai Perjalanan Waktu

Pada 2010 lalu, dalam acara Larry King Live, Hawking pernah menyatakan pendapatnya mengenai perjalanan waktu. Perjalanan waktu adalah sebuah konsep berjalan maju atau mundur ke titik berbeda dalam waktu, mirip seperti saat bergerak di dalam ruang. Intinya dalam konsep perjalanan waktu kita bisa bergerak kembali ke masa lalu ataupun melompat mengunjungi masa depan.

Mengenai perjalanan waktu itu Hawking berujar bahwa mungkin saja orang bisa melakoni perjalanan waktu, melompat-lompat ke beberapa masa dan membengkokkan ruang waktu. Tapi menurutnya, akitivitas membengkokkan ruang waktu itu dapat merusak ruang waktu itu sendiri.

Secara utuh Hawking menuturkan, “Perjalanan waktu dulu dianggap sebagai fiksi ilmiah, tapi teori relativitas umum Einstein memberi kemungkinan bahwa kita bisa membengkokkan ruang waktu sedemikian rupa sehingga Anda bisa terbang di dalam roket dan kembali di waktu sebelum Anda berangkat. Sayangnya, pembengkokkan itu kemungkinan akan menghancurkan pesawat ruang angkasa dan mungkin juga ruang waktu itu sendiri."

4. Mengenai Alam Semesta

Dalam bukunya yang berjudul A Brief History of Time terbitan tahun 1988, Hawking menulis alam semesta dapat terbentuk dengan sendirinya sehingga, menurutnya, tidak perlu meminta Tuhan memulai dan mengatur keberjalanan alam semesta.

Secara lengkap kata-kata yang ia tulis berbunyi, “Karena ada hukum seperti gravitasi, alam ini bisa menciptakan diri sendiri dari sesuatu yang tak ada. Penciptaan yang tiba-tiba adalah sebuah alasan akan adanya sesuatu dan mengapa alam ini ada, mengapa diri kita ada. Tidak perlu meminta Tuhan memulai dan mengatur keberjalanan alam semesta."

5. Mengenai Perempuan

Mungkin kita sudah pernah mendengar ungkapan perempuan adalah makhluk yang paling sulit dimengerti. Selain kalimat itu, masih banyak pula ungkapan lain senada yang intinya menyebut perempuan adalah makhluk yang rumit dan kompleks.

Stephen Hawking memiliki cara sendiri untuk menyampaikan pendapatnya mengenai kaum Hawa. Dalam wawancaranya dengan New Scientis pada 2012 lalu ia ditanya mengenai apa yang paling sering ia pikirkan dalam kesehariannya.
Ilmuwan jenius itu mengatakan, “Perempuan. Mereka adalah sebuah misteri yang komplit.”

Dalam kehidupan pribadinya, Hawking pernah menikah dua kali dan bercerai dua kali pula. Ia memiliki tiga orang anak dari pernikahannya.

6. Mengenai Kecerdasan Intelegensi

Meski dikenal sebagai ilmuwan jenius, Hawking tidak suka memamerkan dan membanggakan IQ atau kecerdasan intelegensinya. Sebab, menurutnya, hanya para pecundang yang gemar memamerkan kecerdasan IQ mereka.

Dalam wawancara dengan New York Times pada 2012 lalu, Hawking ditanya berapa IQ-nya.

Ia menjawab, “Aku tidak tahu. Orang-orang yang membangga-banggakan IQ mereka adalah para pecundang.”

7. Mengenai Eusthanasia

Eusthanasia secara bahasa berasal dari bahasa Yunani eu yang berarti “baik”, dan thanatos, yang berarti “kematian” sehingga berarti kematian yang baik. Menurut istilah, eusthanasia berarti pengakhiran kehidupan seseorang yang sedang dalam keadaaan sangat sakit untuk membebaskannya dari penderitaan.

Di beberapa negara eusthanasia dianggap legal, sedangkan di beberapa negara lainnya tindakan semacam itu dilarang oleh hukum. Sejumlah orang di berbagai belahan dunia yang merasa hidupnya sangat menderita dan pasien yang merasa tak kuat lagi menanggung rasa sakit dari penyakitnya pernah meminta dan menuntut hak eusthanasia.

Eusthanasia sampai saat ini masih menjadi polemik di berbagai tempat. Sebagian orang pro terhadap pelegalan eusthanasi dengan dalih kemanusiaan, sebagian lainnya menolak keras tindakan eusthanasia dengan dalih kemanusiaan pula.

Dalam sebuah wawancara dengan People’s Daily Online pada 2006 lalu, Hawking mendapat pertanyaan tentang eusthanasia.

Ilmuwan yang menderita penyakit ALS (Amyotrophic Lateral Sclerosis) ini berpendapat, “Korban memiliki hak untuk mengakhiri hidupnya, kalau ia mau. Tapi saya pikir itu akan menjadi kesalahan besar. Betapapun hidup terlihat sangat buruk, selalu ada hal yang bisa kita lakukan. Di mana ada hidup, di sana ada harapan.”

8. Menjadi Stephen Hawking

Stephen Hawking selama ini dikenal sebagai ilmuwan yang tak bisa menggerakkan anggota-anggota tubuhnya. Selama lima puluh tahun lebih ini ia menderita penyakit ALS (Amyotrophic Lateral Sclerosis). Biasanya para penderitanya hanya mampu bertahan 2 hingga 5 tahun setelah timbul gejala, tapi tidak dengan Hawking. Sudah setengah abad lebih ini Hawking mampu bertahan hidup dan terus berkarya bersama penyakitnya itu.

ALS yang juga dikenal sebagai penyakit Lou Gehrig atau penyakit motor neuron (MND) adalah penyakit yang mempengaruhi sel-sel saraf di otak dan sumsum tulang belakang yang menyebabkan kelemahan otot dan atrofi serta kematian neuron motorik. Akibatnya, penderitanya kehilangan kemampuan untuk mengendalikan gerakan otot. Tidak bisa menggerakkan anggota-anggota gerak tubuhnya.

Oleh The Guardian, pada 2006 lalu, Stephen Hawking pernah ditanya soal kondisi kecacatan atau ketakmampuannya untuk bergerak ini.

Ilmuwan itu menjawab bijak, “Bagi saya, marah pada cacat yang saya derita hanya membuang-buang waktu. Kita harus melanjutkan hidup ini dan saya berusaha untuk tidak marah. Orang-orang tidak akan mau menyisihkan waktu untuk Anda jika Anda selalu marah atau mengeluh.”

# 8 Pernyataan Stephen Hawking Yang Mengejutkan Dunia

Comments

Popular posts from this blog

Kasus Pemerkosaan Meningkat, Kenapa Bisa Terjadi?

Kasus Pemerkosaan Meningkat, Kenapa Bisa Terjadi? Akhir-akhir ini kita digemparkan dengan kasus pemerkosaan yang datang bertubi-tubi. Pemerkosaan yang berujung pada pembunuhan.  Kita tidak bisa memaafkan perlakuan "binatang" para pelaku pemerkosaan yang dengan sangat tega dan bengis melakukan perbuatan tersebut. Kemana nurani sebagai manusia yang punya rasa berbelas kasih..? Hilangkah rasa iba itu dari lubuk hati..? Kenapa tega berbuat keji, apakah hanya karena nafsu semata..? Pertanyaan-pertanyaan tersebut muncul begitu saja ketika mendengar kasus pemerkosaan berulang lagi. Menanggapi kasus ini Pemerintah Indonesia, mengambil keputusan cepat untuk menanggulangi kejadian ini agar tidak terulang lagi. Hukuman kebiri diberlakukan oleh Pemerintah Indonesia untuk pelaku pemerkosaan. Namun apakah hukuman ini akan menghentikan kejahatan (pemerkosaan) ini..? Saya rasa tidak...ini seperti memberi obat kepada pesakitan tanpa tahu kenapa dia sakit dan me

Seribu Cara Dapat Bitcoin Gratis

Seribu Cara Dapat Bitcoin Gratis Tidak memperbanyak kata, kita langsung tancap gas saja gais......Ikuti cara mendapat Bitcoin gratis dibawah ini......... 1. BitcoinClix Caranya Klik [ Bitcoin Clix ] lalu daftar/regis akun anda. Kerjakan semua tugas yang diberikan. Cara kerja tugas, klik dibagian Earn Money. Nah untuk yang ini hasil earn money bisa langsung dikirim ke Indodax untuk diuangkan. Untuk lebih mudahnya dan cepat disarankan untuk Withdraw terlebih ke FaucetPay . Silakan daftar disini, Klik [ FaucetPay ] 2. CryptoTab Caranya Klik link [ CryptoTab ] kemudian Download melalui app untuk HP. Cara kerjanya gampang kok. CryptoTab sendiri sebenarnya sebuah browser sama seperti Google Crome. Lakukan pencarian seperti YouTube, atau apapun melalu browser CrytoTab yang sudah didownload tersebut maka anda akan mendapatkan Bitcoin secara gratis. Jadi dia kita jadikan pengganti dari Google Crome. Cara withdraw bisa langsung ke akun Indodax dll. Untuk lebih mudahnya dan cepat disarankan unt

Foto Keindahan Tebing Keraton, Bandung, Jawa Barat

Foto Keindahan Tebing Keraton, Bandung, Jawa Barat Tebing Keraton atau Tebing Karaton merupakan sebuah tebing yang berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Tebing ini terletak di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Dari Tebing Keraton dapat menikmati pemandangan spektakuler. Bukan lampu kota, melainkan hutan! # Foto Keindahan Tebing Keraton, Bandung, Jawa Barat