Skip to main content

Video Seorang Imam Katolik Menarik Rambut Anak-Anak Saat Persiapan Komuni Pertama

Video Seorang Imam Katolik Menarik Rambut Anak-Anak Saat Persiapan Komuni Pertama

Video Seorang Imam Katolik Menarik Rambut Anak-Anak Saat Persiapan Komuni Pertama

Akhir-akhir ini di sosial media (Facebook) dihebohkan dengan video yang tidak lazim, sebuah ritual yang aneh, dimana seorang imam menarik, mendorong anak-anak di atas altar.

Sebenarnya apa yang terjadi...? kenapa bisa begitu..? di Gereja manakah itu..? pertanyaan pertanyaan itu kemudian muncul dalam benak saya dan tentunya dalam benak pengguna sosmed Indonesia. (Lihat video disini)

Berdasarkan penelusuran yang saya lakukan, peristiwa ini terjadi di salah satu Gereja Brasil. Video ini menimbulkan kontroversi di seluruh Amerika selatan di mana rekaman itu mulai disebarkan dan berkembang seperti virus.

Pertama-tama saya ajak teman-teman semua melihat kembali video tersebut, dalam video ini anak-anak didampingi oleh orang tua mereka, wajah dari orang tua anak-anak ini terlihat biasa saja, tidak menunjukan kecemasan. 

Tak satu pun dari orang-orang dewasa di dalam gereja, termasuk pembantu imam, bereaksi atas prilaku ini. Bahkan imam terlihat tersenyum seperti menggangap ini sebagai candaan.

Menurut beberapa media online, anak-anak yang ditarik rambutnya adalah anak-anak yang sedang dalam persiapan menyambut Komuni Pertama. 

Imam yang tidak disebutkan namanya mengatakan bahwa itu adalah pemberkataan secara ortodox.

Imam tersebut menarik rambut mereka dalam parade dimana anak-anak melewatinya di altar. Salah satu anak terlihat menutupi rambut dengan tangan untuk menghindari pemberkataan yang aneh ini.

Beberapa komentar di sosmed mengatakan bahwa mereka tidak akan menempatkan anak-anak mereka dalam antrian ini, dan beberapa orang mengatakan semoga video ini sampai di Vatikan dan segera memecat imam ini.

Selain video ini, perna beredar vidoe dimana imam melakukan penamparan seorang gadis suku maya, disebuah gereja di Meksiko.

Bagamana Kita Katolik Menyikapi Ini?

Saya coba menjawabnya, bagaiman sikap kita untuk menghadapi peristiwa unik ini. Saya memulainya dengan pertanyaan? di video terlihat orang tua dan yang lain biasa-biasa saja...apakah ini sebuah tradisi di daerah tersebut? Jika itu sebuah tradisi gereja harus tetap menyikapinya dengan tidak mengorbankan nilai-nilai iman Katolik.

Dikutip dari kotolisitas, masalah inkulturasi memang tidak mudah, karena menyangkut proses yang lama dan memerlukan kebijaksanaan dalam penerapannya.

Paus Yohanes Paulus II menyatakan bahwa “proses integrasi Gereja ke dalam budaya tertentu adalah suatu proses yang panjang. Hal ini bukan hanya masalah adaptasi eksternal, karena inkulturasi adalah suatu transformasi yang dalam dari nilai-nilai budaya yang otentik melalui integrasi nilai-nilai tersebut ke dalam kristianitas, dan juga mengintegrasikan kristianitas ke dalam berbagai macam budaya manusia.” (Redemptoris Missio, Ch. V). Namun lebih lanjut, Paus Yohanes Paulus menegaskan kembali bahwa di dalam proses inkulturasi, integritas dari iman Katolik tidak boleh dikorbankan .

Kerena Gereja Katolik senantiasa bersentuhan dengan kehidupan banyak orang dan budaya, maka Gereja perlu merenungkan dan mengadaptasi diri tanpa mengorbankan nilai-nilai iman Katolik, seperti yang telah ditegaskan oleh Paus Yohanes Paulus II. Gereja harus mampu untuk memberikan nilai-nilai kekristenan, dan pada saat yang bersamaan mengambil nilai-nilai yang baik dari budaya yang ada dan memperbaharuinya dari dalam.

Para Imam dapat mendiskusikan masalah inkulturasi ini dengan lebih seksama dan mendalam, sehingga Gereja dapat tetap mempertahankan nilai-nilai iman Katolik, namun secara bersamaan juga dapat masuk dalam budaya lokal.

Comments

Popular posts from this blog

Kasus Pemerkosaan Meningkat, Kenapa Bisa Terjadi?

Kasus Pemerkosaan Meningkat, Kenapa Bisa Terjadi? Akhir-akhir ini kita digemparkan dengan kasus pemerkosaan yang datang bertubi-tubi. Pemerkosaan yang berujung pada pembunuhan.  Kita tidak bisa memaafkan perlakuan "binatang" para pelaku pemerkosaan yang dengan sangat tega dan bengis melakukan perbuatan tersebut. Kemana nurani sebagai manusia yang punya rasa berbelas kasih..? Hilangkah rasa iba itu dari lubuk hati..? Kenapa tega berbuat keji, apakah hanya karena nafsu semata..? Pertanyaan-pertanyaan tersebut muncul begitu saja ketika mendengar kasus pemerkosaan berulang lagi. Menanggapi kasus ini Pemerintah Indonesia, mengambil keputusan cepat untuk menanggulangi kejadian ini agar tidak terulang lagi. Hukuman kebiri diberlakukan oleh Pemerintah Indonesia untuk pelaku pemerkosaan. Namun apakah hukuman ini akan menghentikan kejahatan (pemerkosaan) ini..? Saya rasa tidak...ini seperti memberi obat kepada pesakitan tanpa tahu kenapa dia sakit dan me

Seribu Cara Dapat Bitcoin Gratis

Seribu Cara Dapat Bitcoin Gratis Tidak memperbanyak kata, kita langsung tancap gas saja gais......Ikuti cara mendapat Bitcoin gratis dibawah ini......... 1. BitcoinClix Caranya Klik [ Bitcoin Clix ] lalu daftar/regis akun anda. Kerjakan semua tugas yang diberikan. Cara kerja tugas, klik dibagian Earn Money. Nah untuk yang ini hasil earn money bisa langsung dikirim ke Indodax untuk diuangkan. Untuk lebih mudahnya dan cepat disarankan untuk Withdraw terlebih ke FaucetPay . Silakan daftar disini, Klik [ FaucetPay ] 2. CryptoTab Caranya Klik link [ CryptoTab ] kemudian Download melalui app untuk HP. Cara kerjanya gampang kok. CryptoTab sendiri sebenarnya sebuah browser sama seperti Google Crome. Lakukan pencarian seperti YouTube, atau apapun melalu browser CrytoTab yang sudah didownload tersebut maka anda akan mendapatkan Bitcoin secara gratis. Jadi dia kita jadikan pengganti dari Google Crome. Cara withdraw bisa langsung ke akun Indodax dll. Untuk lebih mudahnya dan cepat disarankan unt

Foto Keindahan Tebing Keraton, Bandung, Jawa Barat

Foto Keindahan Tebing Keraton, Bandung, Jawa Barat Tebing Keraton atau Tebing Karaton merupakan sebuah tebing yang berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Tebing ini terletak di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Dari Tebing Keraton dapat menikmati pemandangan spektakuler. Bukan lampu kota, melainkan hutan! # Foto Keindahan Tebing Keraton, Bandung, Jawa Barat