Presiden Jokowi: Kapal FV Viking Akan Ditenggelamkan



Presiden Jokowi:  Kapal FV Viking Akan Ditenggelamkan

Presiden Indonesia Joko Widodo mengatakan Kapal FV Viking akan ditenggelamkan separuh badan di Pengandaran untuk jadi monumen melawan illegal fishing.



Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa kapal FV Viking selama bertahun-tahun diburu oleh 13 negara. Kapal ini merupakan kapal pencuri ikan lintas negara dan berhasil ditangkap oleh Indonesia.

Kapal FV Viking sudah jadi incaran polisi internasional atau Interpol berdasarkan permintaan pemerintah Norwegia.

Selama ini FV Viking merupakan satu dari enam kapal yang digunakan untuk menangkap ikan toothfish Antartika dan tootfish Patagonia yang langka.

Dari informasi Interpol, kapal tersebut sudah 13 kali berganti nama, 12 kali berganti bendera, dan 8 kali berganti call sign.

Untuk memastikan FV Viking merupakan kapal yang selama ini diincar, anggota Interpol dari Norwegia dan Afrika Selatan dilaporkan telah datang ke Indonesia.

Hasilnya, tidak diragukan bahwa FV Viking adalah kapal yang dipakai untuk pencurian ikan.

Para kru kapal yang terdiri dari lima orang asal Argentina, Peru, Myanmar, dan enam warga Indonesia akan dijerat menggunakan hukum tentang perkapalan dan perikanan.

Prosesi penenggelamannya kalap ini disaksikan Presiden Joko Widodo, Duta Besar Norwegia, Duta Besar Amerika Serikat, dan Duta Besar Australia. FV Viking ditangkap salah satu kapal perang jajaran Komando Armada RI Kawasan Barat, yaitu KRI Sultan Thaha Saifudin-376, pada 25 Februari lalu.
Presiden Jokowi: Kapal FV Viking Akan Ditenggelamkan Presiden Jokowi:  Kapal FV Viking Akan Ditenggelamkan Reviewed by jhoe wain on 3/13/2016 08:12:00 pm Rating: 5
comments

No comments:

FOLLOWER

Powered by Blogger.