Debat Di Sosmed Apa Gunanya?


Debat Di Sosmed Apa Gunanya?

Berdebat sering kita lihat atau kita lakukan sendiri, mempertahankan argumen yang kita bangun untuk menjadi pemenang. Salah satu dasar dari pemikiran manusia dengan ego yang besar, bisa pulas kalau menang, susah tidur kalau kalah. Walaupun perdebatan itu sebenarnya tidak penting dan terjadi di sosial media.

Menjadi pertanyaan sebenarnya ada ngk sich kegunaan dari berdebat..? Agar kita ketahui bersama berpikir itu lebih melelahkan dari pada pacul sawah....Jadi kalau tidak ada gunanya kenapa kita harus berdebat..? bikin jidat menkerut saja...!!!

Sebenarnya berdebat itu ada manfaatnya menurut saya..

1. Melatih untuk berpikir

Dengan berdebat kita dapat melatih pikiran kita. Menjadi lebih matang dan membuka wawasan kita tentunya. Jadi salah jika kita mengatakan orang itu punya pemikiran yang sempit atau tidak berguna. Karena pada dasarnya berpikir itu bisa dilatih salah satunya dengan cara berdebat.

2. Melatih Untuk Mau Mengalah (Kerendahan Hati)

Tentunya berdebat itu kadang memacu tingkat emosi kita. Hal ini wajar karena agumen yang kita bangun bisa jadi salah atau argumen kita benar namun disalahkan.

Kita lihat aja contoh anggota DPR kita yang kita hormati kadang mereka terlihat emosi dan saling memukul karena tidak ada seorangpun mau mengalah.

Untuk itu dengan sering anda masuk dalam rana perdebatan, hal itu memungkinkan anda untuk lebih sabar dan lebih menghargaai pendapat orang lain. Lebih terlihat santai dan tidak seperti banteng yang kesurupan.

Anda akan lebih banyak mendengarkan, dan menunggu untuk berbicara. Anda lebih ingin mencari tau apa kelemahan dari lawan anda. Dan pada saat anda bicara, suara anda akan lebih keras terdengar walupun berbicara dengan intonasi datar.

3. Melatih Untuk Saling Menghargai

Pada dasarnya lawan dalam perdebatan kita adalah manusia seperti kita. Punya hak yang sama seperti kita.

Dengan sikap kerendahan hati, mau mendengar dan sebagainya, kita sudah dilatih untuk saling menghargai sesama. Satu poin yang sangat luar biasa buat kita.

Itulah tiga kegunaan pokok dari debat yang sering kita dengar atau kita lakukan sendiri. Baik di sosial media ataupun di ruang lingkup kita.

Salam hormat, semoga menjadi manusia yang berguna untuk manusia.
Debat Di Sosmed Apa Gunanya? Debat Di Sosmed Apa Gunanya? Reviewed by jhoe wain on 2/01/2016 12:26:00 pm Rating: 5
comments

No comments:

FOLLOWER

Powered by Blogger.