Indonesia Bersih Sampah 2020, Flotim Siap Bersih?

Indonesia Bersih Sampah 2020, Flotim Siap Bersih?

Indonesia Bersih Sampah 2020, Flotim Siap Bersih?

Presiden Joko Widodo Mengatakan "Indonesia bersih dari sampah 2020 merupakan komitmen kita bersama. Sampah bukan hanya mengotori lingkungan, tapi juga ganggu kesehatan kita. Komunitas, Pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia harus segera bergerak bersihkan lingkungan dari sampah. Ayo bergotong royong untuk wujudkan Indonesia bersih. ‪#‎BebasSampah2020‬".


Tentu saja kita tahu sampah merupakan salah satu masalah besar di peradaban ini, tidak hanya di kota besar seperti Surabaya, Bandung, Jakarta saja yang kesulitan mengatasi permasalahan ini, Flores Timur satu kabupaten kecil di Provinsi NTT juga mengalami hal yang sama.

Bagaimana tidak sulit, sampah merupakan sesuatu yang berkaitan langsung dengan hidup kita, tiap hari pasti kita memegang sampah. Dari bungkusan permen, plastik cucian, bungkusan sabun, bungkusan rokok dan masih banyak lagi. Menjadi pertanyaan Apakah kita membuah sampah itu pada tempatnya..?

Pemerintah begitu gencar berusaha agar kita hidup bersih, (untuk hidup bersih saja kita harus di atur pemerintah) seperti halnya yang di lakukan oleh Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, begitu gigih mengajak masyarakat agar hidup lebih bersih lagi. 

Pada satu kesempatan saya melihat Wali Kota Bandung ini berjalan dan memungut sampah di area alun-alun Bandung tanpa ada yang mengenalinya. Miris memang, kita tidak bisa menjadi disiplin dari hal yang paling kecil "Buanglah Sampah Pada Tempatnya" tulisan ini sering kita lihat, kita baca bahkan di Sekolah pun menulis ini, namun apakah kita mentaatinya..?

Berbicara tentang sampah di Larantuka ibu kota kabupaten Flores Timur mengalami hal yang sama. Kota pesisir pantai ini begitu indah namun harus merelakan pantainya menjadi tempat untuk membuang sampah.

Sampah terlihat bertebaran di pelabuhan kearah barat, kita bisa melihat begitu banyak plastik di dasar laut. Mayoritas masyarakat hidup dekat dengan pantai dan dengan seenaknya membuang sampah di pantai, padahal masyrakat disana sebagian hidupnya bergantung pada laut.

Masih di Flores Timur kita menuju ke Waiwerang, pulau Adonara disini sejak dulu, sampah sangat mudah kita temukan di laut. Ribuan sampah bertebaran di pelabuhan kota Waiwerang. Bahkan jika kita hendak mandi laut di area pelabuhan Waiwerang, kita pasti disibukan dengan memilah sampah.

Bagimana mungkin Indonesia bisa bersih? dari kabupaten kecil saja sampah sudah menjadi persoalan yang tak bisa dipecahkan.

Kita tidak mungkin bisa hidup bersih dengan hanya mengandalkan peraturan pemerintah saja, bersih itu dimulai dari diri kita sendiri, seharus tanpa peraturan pun kita harus hidup bersih!.
Indonesia Bersih Sampah 2020, Flotim Siap Bersih? Indonesia Bersih Sampah 2020, Flotim Siap Bersih? Reviewed by jhoe wain on 2/22/2016 11:47:00 am Rating: 5
comments

No comments:

FOLLOWER

Powered by Blogger.