Penyebaran Konten Hoax Dengan Label Agama Sangat Berbahaya

Penyebaran Konten Hoax Dengan Label Agama Sangat Berbahaya

Penyebaran Konten Hoax Dengan Label Agama Sangat Berbahaya
 ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Agama merupakan sebuah panduan keimanan yang mengatur hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia dan manusia dengan lingkungan.

Oleh karena itu agama menjadi patokan kita untuk bergerak kedepan, menjadi patokan untuk kita untuk berpikir dan menjadi patokan saat kita berinteraksi.

Merasuk hingga ke-dasar hati, tentu saja sangat wajar jika kita menjadi fanatik terhadap agama yang kita anut.

Fanatik terhadap agama sangat diperbolehkan, dengan harapan kita akan semakin menjadi manusia yang bernilai untuk Tuhan, sesama dan lingkungan.

Namun jika fanatik agama itu berlebihan atau membabi buta akan menyebabkan perseteruan dan cenderung menimbulakan konflik.

Untuk memahami apakah penyebaran hoax dengan label agama ini berbahaya atau tidak, tentu saja kita harus melihat terlebih efek dari hoax tersebut. Kita juga harus melihat proses penyebarannya, apakan berjalan mulus dan cepat...? atau malah sebaliknya.

Jika penyebaran berita hoax dengan nama agama itu cepat dan memiliki efek yang besar artinya kita berada pada kondisi masyarakat yang memiliki fanatisme agama yang patut diwaspadai.

Namun jika berita hoax itu tidak memiliki efek yang berarti tapi penyebarannya cepat, kita dilevel masyarakat yang masih boleh dibilang aman dan tentram.

Pembuat konten hoax sangat memahami keadaan tersebut. Oleh karena itu dengan emblem agama pembuat hoax berharap apa yang dikatakannya atau apa yang disampaikannya dapat menyebar dengan cepat.

Hal ini tentu sangat berbahaya, walaupun tidak menimbulkan efek yang berati di masyarakat namun jika konten hoax ini terus diproduksi, maka akan menimbul gesekan dimasyarakat itu sendiri.

Masyarakat akan saling mencibir, saling menghina bahkan mungkin bisa saling membunuh jika konten hoax berlabel agama ini terus diproduksi.

Hal ini terbukti dengan kehancuran kota-kota di Timur Tengah. Suriah misalnya, hancur berkeping-keping karena berita atau informasi hoax berlabel agama.

Kita tentu saja tidak menginginkan hal itu terjadi di Tanah Air yang kita cintai ini. Jauhi hoax dengan tidak ikut menyebarkannya, MERDEKA...!!!

# Penyebaran Konten Hoax Dengan Label Agama Sangat Berbahaya
Penyebaran Konten Hoax Dengan Label Agama Sangat Berbahaya Penyebaran Konten Hoax Dengan Label Agama Sangat Berbahaya Reviewed by jhoe wain on 3/05/2018 01:30:00 pm Rating: 5
comments

No comments:

FOLLOWER

Powered by Blogger.